Rusia Kecam AS dalam Serangan Rudal Ukraina ke Krimea

  • Global
  • June 25, 2024
  • 0 Comments

RUSIA berjanji akan memberikan balasan setimpal  dalam serangan rudal Ukraina terhadap Sevastopol di wilayah pendudukan Krimea pada Minggu (23/6) yang menewaskan empat orang, termasuk dua anak-anak.

Mereka juga menyalahkan Amerika Serikat atas serangan tersebut. Sebab dengan senajata dari AS lah Ukraina bisa melakukan serangan.

“Sekitar 150 orang lainnya terluka dalam serangan itu ketika puing-puing rudal berjatuhan di pantai terdekatm,” kata seorang pejabat Rusia.

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan rudal yang digunakan oleh Ukraina adalah rudal ATACMS dan diprogram oleh spesialis dari AS.

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov menyebut serangan itu biadab dan menuduh AS membunuh anak-anak Rusia.

Dia merujuk pada komentar Presiden Vladimir Putin, yang berjanji akan menargetkan negara-negara yang memasok senjata ke Ukraina.

Moskow mengatakan kematian dan cedera disebabkan oleh puing-puing yang berjatuhan, setelah pertahanan udaranya di Krimea mencegat lima rudal yang memuat hulu ledak cluster yang diluncurkan oleh pasukan Ukraina.

BACA JUGA  Putin Komentari Serangan Ukraina ke Wilayah Kursk

Rekaman yang disiarkan di TV pemerintah Rusia menunjukkan kekacauan di pantai di daerah Uchkuyevka, ketika orang-orang lari dari puing-puing yang berjatuhan dan beberapa orang yang terluka dibawa ke kursi berjemur.

Kementerian Pertahanan Rusia mengklaim pada hari Minggu bahwa semua rudal ATACMS diprogram oleh spesialis Amerika dan dipandu oleh satelit Amerika.

Menteri Luar Negeri Sergei Lavrov mengulangi klaim tersebut dalam pertemuan di Minsk pada hari Senin, mengatakan bahwa sistem tersebut tidak dapat digunakan tanpa partisipasi langsung dari militer Amerika, termasuk kemampuan satelit.

AS telah memasok rudal ATACMS ke Ukraina selama lebih dari setahun. Sistem ini memungkinkan pasukan Ukraina untuk menyerang sasaran hingga 300 km atau 186 mil jauhnya, menurut produsen Lockheed Martin.

Moskow mencaplok Krimea pada 2014 dan hanya segelintir negara yang mengakui semenanjung itu sebagai wilayah Rusia. Oleh karena itu, hal ini tidak termasuk dalam tuntutan AS agar Ukraina menahan diri dari menggunakan senjata yang dipasok Washington untuk menyerang wilayah Rusia.

BACA JUGA  Bule Amerika Mengamuk Diduga Alami Gangguan Jiwa

Juru bicara Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih mengatakan Ukraina membuat keputusan sendiri mengenai sasarannya dan melakukan operasi militernya sendiri.

Namun Peskov mengatakan kepada wartawan di Moskow pada hari Senin bahwa keterlibatan Amerika Serikat, keterlibatan langsung, yang mengakibatkan terbunuhnya warga sipil Rusia, tidak dapat dibiarkan tanpa konsekuensi.

“Waktu akan menentukan apa yang akan terjadi,” tambahnya.

Kementerian luar negeri Rusia memanggil Duta Besar AS Lynne Tracy pada hari Senin, dan Lavrov mengklaim bahwa keterlibatan AS dalam serangan itu tidak diragukan lagi.

Moskow telah berulang kali mengancam akan menargetkan negara-negara yang memasok senjata ke Ukraina, mengklaim bahwa negara-negara tersebut adalah sasaran militer yang sah.

BACA JUGA  Imigrasi Bali Deportasi WN AS Setelah Rusak Rumah Warga

Awal bulan ini, Putin berjanji untuk menargetkan negara-negara yang mempersenjatai Ukraina dalam pertemuan dengan kantor berita internasional.

“Jika seseorang berpikir bahwa mungkin untuk memasok senjata semacam itu ke zona perang untuk menyerang wilayah kita dan menimbulkan masalah bagi kita, mengapa kita tidak mempunyai hak untuk memasok senjata dengan kelas yang sama ke wilayah di dunia di mana akan terjadi serangan. pada fasilitas sensitif negara-negara (Barat) itu?,” kata Putin.

Para pejabat Ukraina membela serangan tersebut dan menyebut Krimea sebagai target yang sah.

Penasihat Kepala Kantor Presiden Ukraina, Mykhailo Podolyak mengatakan semenanjung itu pada dasarnya adalah sebuah kamp militer besar yang katanya menampung ratusan sasaran militer langsung, yang Rusia coba sembunyikan dan tutupi dengan warga sipil mereka sendiri.(Bbc/N-01)

Dimitry Ramadan

Related Posts

Teka-teki Rudal Hipersonik Houthi yang Menghantam Wilayah Israel

MILITAN Houthi Yaman mengklaim serangan rudal balistik mereka sukses menghantam wilayah Israel. Kelompok Houthi, yang menguasai sebagian besar wilayah Yaman dan ibu Kota Sanaa, mengatakan rudal tersebut merupakan rudal hipersonik.…

Serangan Rudal Houthi Buat Warga Israel Panik

MESKI selama ini diklaim memiliki pertahanan canggih, tidak urung beberapa kali wilayah Israel dihantam rudal dari sejumlah kelompok militan, terutama mereka yang membela Palestina. Militan Houthi Yaman-lah yang kali ini…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan Lewatkan

Polda DIY Tangkap 7 Pelaku Perampokan di Kantor Damkar

  • September 21, 2024
Polda DIY Tangkap 7 Pelaku Perampokan di Kantor Damkar

SBY Dapat Tugas Sebagai Penasihat Khusus Dewan Malaria Dunia

  • September 21, 2024
SBY Dapat Tugas Sebagai Penasihat Khusus Dewan Malaria Dunia

7 Ilmuwan Universitas Diponegoro Masuk Daftar Ilmuwan Dunia

  • September 21, 2024
7 Ilmuwan Universitas Diponegoro Masuk Daftar Ilmuwan Dunia

Tiga Pameran Merayakan Keindahan Era Renaissance

  • September 21, 2024
Tiga Pameran Merayakan Keindahan Era Renaissance

Satgas Damai Cartenz 2024 Bebaskan Pilot Philip Mark Mahrtens

  • September 21, 2024
Satgas Damai Cartenz 2024 Bebaskan Pilot Philip Mark Mahrtens

15 Tim Startup Hadiri UNIIC Demo Day 2024

  • September 21, 2024
15 Tim Startup Hadiri UNIIC Demo Day 2024