Musisi Muda Jazz Bandung Raih Penghargaan Internasional

  • Pentas
  • August 10, 2024
  • 0 Comments

BANDUNG memang sudah lama dikenal sebagai kota kreatif yang kaya akan sejarah seni dan budaya. Bandung juga telah menjadi tempat yang subur bagi perkembangan musik jazz.

Dikenal dengan panggung-panggungnya yang hidup dan komunitas musik yang bersemangat, Bandung telah menjadi tempat lahirnya bakat-bakat muda dalam dunia jazz. Salah satu contoh yang menginspirasi adalah tampilnya seorang muda jazz Bandung yang meraih penghargaan bergengsi di panggung internasional.

Prestasi itu menjadi bukti akan kecintaan masyarakat Bandung, terhadap musik jazz. Dukungan yang kuat dari komunitas lokal dan para pecinta musik jazz di Bandung telah memberikan ruang bagi perkembangan bakat-bakat muda yang berpotensi dalam dunia musik jazz.

Nadine Adrianna merupakan salah salah satu bukti seorang anak muda yang berprestasi dalam musik Jazz. Lahir pada  1 Juni 2006, Nadine dikenal sebagai musisi yang bertalenta dengan latar belakang pianis jazz.

Ia telah menciptakan banyak komposisi lagu orisinal dan cover, serta menampilkannya di berbagai konser, album, dan acara seperti Java Jazz Festival 2017, Ngayog Jazz Festival 2018, Freedoms Jazz Festival 2018, Ubud Village Jazz Festival.

BACA JUGA  The Greater Hub SBM ITB Menarik Minat 21 Investor Dalam dan Luar Negeri

Nadine mampu mengukuhkan posisinya sebagai kekuatan baru di dunia jazz. Ia bisa membuka pintu peluang dan kolaborasi menarik dengan musisi ternama. Belum lama berselang, penghargaan terhadap dirinya seperti ‘Pendatang Baru Tahun Ini’ dan ‘Bakat Baru Muda,’ jadi sebuah pengukuhan prestasi dirinya yang sejak lama berkecimpung di Jazz Bandung.

“Kemarin itu, Nadine diundang oleh Igor Butman Foundation, yang merupakan penyelenggara Saint Petersburg Jazz Festival, sekaliguspenyelenggara banyak festival jazz keren di Rusia,  seperti Moscow Jazz Festival, Sochi Jazz Festival dan ada banyak festival-festival lain,” jelas Agus Setiawan Basuni, dari Warta Jazz,” Jumat (9/8).

Musisi jazz Rusia

Menurut Agus, bagi pemusik dan masyarakat jazz di Rusia, Igor Butman itu adalah Musisi jazz kesayangan Rusia, sekaligus orang kepercayaan Presiden Rusia, Vladimir Putin. Igor mengundang Warta Jazzbeberapa tahun yang lalu.

BACA JUGA  Krisis Listrik Dialami Ukraina akibat Serangan Rusia

“Kami sampaikan bahwa kami memiliki kegiatan namanya Indonesia World Jazz Meeting (IWJM). Dan dia antusias untuk mengetahui siapa saja yang bisa ikut. Nah, kami kemudian mengirimkan nama-nama yang mengikuti Indonesia Jazz Meeting berikut videonya,” tutur Agus.

Nadine kata Agus, merupakan salah satu yang bergabung di penampilan IWJM dan Igor tertarik melihat video penampilan di event tersebut, Igor pun tertarik ingin mengundang Nadine.

Dapat penghargaaan

Singkatnya, minggu lalu, pihaknya berkesempatan untuk tampil di acara itu. Dan yang menarik adalah, Nadine mendapatkan penghargaan di acara itu, sebagai pemusik jazz muda.

Secara informal  ucap Igor, ada rencana kembali mengajak atau mengundang Nadine, di acara-acara lainnya.

“Kebetulan karena di acara tersebut juga ada beberapa festival organizeryang hadir, ada yang langsung berkomunikasi secara informal dengan saya, bahwa kemungkinan Nadine akan diundang ke acara-acara lain. Namun saya belum berani mengatakan undangan dari negara mana, karena memang pemberitahuannya pun belum resmi,” terangnya.

BACA JUGA  Masyarakat Bandung Diajak Hidup Sehat dan Aktif

Agus berharap dukungan dari teman-teman media, sekaligus dukunganpemerintahan Bandung, khususnya secara umum Jawa Barat. Supaya Nadine bisa mengikuti jejak Joy Alexander, salah satu musisi Indonesia yang sudah mendunia.

“Karena Indonesia ini dari dulu punya inisiatif yang luar biasa tentang perdamaian dengan Gerakan Non-Blok. Jadi ini juga membuat politikstatement bukan hanya masyarakat tetapi pejabat pemerintah Indonesia itu selalu cinta damai. Selalu ingin mengupayakan perdamaian, disampaikan melalui nada-nada yang dilantunkan lewat alat-alat musik,” tambahnya.

Agus melanjutkan, bahwa pesan “perdamaian” musik ini juga pernahdisampaikan oleh Nadine saat dia berusia 17 tahun. Ia percaya bahwadengan perdamaian abadilah kesejahteraan, kemakmuran itu bisa dicapai.

Tentu saja pesan perdamaian yang disampaikan Nadine, penting. Apalagi disampaikan oleh anak muda yang bernama Nadine Adriana. (Rava/N-01)

Dimitry Ramadan

Related Posts

Bernostalgia Sambil Menikmati Seni dalam Pameran Lukisan Bertajuk Oldiest

PAMERAN lukisan bertajuk Oldies yang akan digelar di Monumen Jogja Kembali (Monjali) pada 17-30 September akan memajang karya 55 perupa. Pameran ini menampilkan karya-karya orang yang selama ini memiliki reputasi.…

Teater 28 Unsil Juara Lomba Monolog di Peksiminas XVII UNJ

ANGGOTA Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Teater 28 Universitas Siliwangi (Unsil) Tasikmalaya, Jawa Barat, juara lomba monolog pada pekan seni mahasiswa nasional (Peksiminas) XVII 2024 di Gedung Olahraga Universitas Negeri Jakarta…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan Lewatkan

Bandung Jadi Inspirasi Kemenkopolhukam Terapkan Smart City

  • September 20, 2024
Bandung Jadi Inspirasi Kemenkopolhukam Terapkan Smart City

Polda Jawa Barat Terus Rilis Data Terkini Dampak Gempa Bumi

  • September 20, 2024
Polda Jawa Barat Terus Rilis Data Terkini Dampak Gempa Bumi

Park Bo Gum Tampil Berotot Jadi Petinju di Drama Good Boy

  • September 20, 2024
Park Bo Gum Tampil Berotot Jadi Petinju di Drama Good Boy

Pemkab Sleman Bina KWT untuk Sejahterakan Keluarga Petani

  • September 20, 2024
Pemkab Sleman Bina KWT untuk Sejahterakan Keluarga Petani

Malam Kelam Barca di Monaco

  • September 20, 2024
Malam Kelam Barca di Monaco

Asosiasi Tolak Usulan Pemerintah Hapus Dua Ayat Pasal 110 RUU Pelayaran

  • September 20, 2024
Asosiasi Tolak Usulan Pemerintah Hapus Dua Ayat Pasal 110 RUU Pelayaran