Ikuti Jejak Tim Putri, Tim Putra STIN BIN juga Melempem di Laga Perdana Final Four

TIM putra Jakarta STIN BIN mengikuti nasib tim putrinya. Mereka harus mengakui keunggulan tim Palembang Bank SumselBabel  1-3 (19-25, 25-20, 13-25, 21-25) pada laga perdananya di putaran final four seri pertama PLN Mobile Proliga 2024 di GOR Bung Tomo, Surabaya, Kamis (4/7/2024).

Pada laga sebelumnya, yakni laga pembuka final four, tim putri Jakarta BIN juga menderita kalah dengan skor yang sama 1-3 dari Jakarta Pertamina Enduro.

Kekalahan ini, bagi STIN BIN atas Bank SumselBabel merupakan kekalahan ketiganya. Sebelumnya pada babak reguler, tim asuhan Ryan Masajedi menderita dua kekalahan, dengan skor 2-3 dan 1-3.

Pada laga kedua di hari pertama final four ini, seperti pertemuan sebelumnya, Bank SumselBabel tampil menekan lewat servis untuk menyulitkan lawannya. Beberapa kali servis keras Armin Asfin Fas dan Mohamed Al Hachdadi menggoyahkan pertahanan STIN BIN, membawa timnya unggul 25-19 pada set pertama.

BACA JUGA  Menang Atas Pertamina Enduro, Bank bjb Tandamata belum Pasti ke Final Four

STIN BIN bangkit pada set kedua setelah memperbaiki receive (penerimaan bola servis) dan menekan lewat variasi serangan Rivan Nurmulki, Farhan Halim dan Doni Hariono. STIN BIN menang 25-20 untuk menyamakan kedudukan 1-1.

Performa STIN BIN pada set kedua itu tidak berlanjut pada set ketiga. Pertahanan mereka keropos dan receive yang buruk membuat Bank Sumselbabel unggul jauh 25-13.

Juara Proliga pada 2011 dan 2013 itu kembali menunjukkan dominasinya atas STIN BIN pada set keempat. Tidak hanya serangan yang tajam, tetapi juga pertahanan yang rapat menjadi penyokong poin untuk mengamankan kemenangan 25-21.

“Tentu saja modal kemenangan dua kali dari pertemuan sebelumnya menjadi motivasi tim kami. Para pemain lebih percaya diri dan tidak banyak melakukan kesalahan,” kata pelatih Bank SumselBabel Iwan, Dedi Iwan Setiawan usai pertandingan.

BACA JUGA  Redam Elektrik PLN, Putri Jakarta BIN Juara Putaran Kedua

Pelatih yang akrab disapa Giso ini menyebut buruknya penerimaan bola servis menjadi salah satu kelemahan STIN BIN yang diincarnya. Untuk itu, menyerang lewat servis menjadi senjata untuk mengganggu konsentrasi pemain STIN BIN. “Selain itu, kami juga memperkuat blok,” tambahnya.

Kapten tim Bank SumselBabel, Sigit Ardian mengaku sangat puas bisa kembali mengalahkan salah satu tim unggulan yang diperkuat banyak pemain tim nasional.

“Seperti dikatakan pelatih, kami bermain lebih percaya diri dan tidak sering melakukan kesalahan sendiri. Sejak awal kami juga sudah tahu kekuatan dan kelemahan lawn,” katanya
.
Sementara itu, pelatih STIN BIN, Ryan Masajedi mengatakan anak asuhnya tidak bermain seperti yang diharapkan dan banyak sekali melakukan kesalahan yang menguntungkan lawan.

BACA JUGA  Timnas Voli Indonesia Diminta Mewaspadai India

“Ya receive kami buruk, pertahanan juga. Beberapa pemain tampil tidak dalam performa terbaiknya. Kami akan benahi untuk menghadapi laga berikutnya,” katanya.

Jadwal Jumat (5/7/2024):

Jam 14.00 WIB: LavAni-Bhayangkara (putra)
Jam 16.00 WIB: BIN-Electric (putri)
Jam 18.30 WIB: Popsivo-Pertamina (putri). (RO/N-01)

Dimitry Ramadan

Related Posts

Imel Kembali Harumkan Nama Jambi di Laga Wushu Putri

ATLET wushu putri andalan Provinsi Jambi, Melisa Try Andani kembali berhasil menorehkan prestasi di ajang Pekan Olah Raga Nasional  (PON) XXI  2024 digelar di Aceh dan Sumatra Utara. Sekaligus membanggakan…

Jakarta masih di Puncak Perolehan Medali PON XXI Aceh-Sumut

PROVINSI DKI Jakarta masih berada di puncak klasemen sementara perolehan medali do Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatra Utara 2024 per Rabu (18/9). DKI Jakarta meraih 135 medali emas, 114…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan Lewatkan

Bandung Jadi Inspirasi Kemenkopolhukam Terapkan Smart City

  • September 20, 2024
Bandung Jadi Inspirasi Kemenkopolhukam Terapkan Smart City

Polda Jawa Barat Terus Rilis Data Terkini Dampak Gempa Bumi

  • September 20, 2024
Polda Jawa Barat Terus Rilis Data Terkini Dampak Gempa Bumi

Park Bo Gum Tampil Berotot Jadi Petinju di Drama Good Boy

  • September 20, 2024
Park Bo Gum Tampil Berotot Jadi Petinju di Drama Good Boy

Pemkab Sleman Bina KWT untuk Sejahterakan Keluarga Petani

  • September 20, 2024
Pemkab Sleman Bina KWT untuk Sejahterakan Keluarga Petani

Malam Kelam Barca di Monaco

  • September 20, 2024
Malam Kelam Barca di Monaco

Asosiasi Tolak Usulan Pemerintah Hapus Dua Ayat Pasal 110 RUU Pelayaran

  • September 20, 2024
Asosiasi Tolak Usulan Pemerintah Hapus Dua Ayat Pasal 110 RUU Pelayaran