Bantu Bangun Ekosistem Seni Rupa, Grey Art Gallery Bandung Gelar Pameran

  • Pentas
  • May 1, 2024
  • 0 Comments

GREY Art Gallery Kota Bandung kembali mempersembahkan pameran bertajuk ‘Bandung Painting Today’. Ini merupakan tajuk yang dipilih untuk mengantar keadaan tentang karya dan praktik seni lukis khususnya di Bandung saa ini.

Secara praktis keadaan tersebut ditandai ke
dalam bentuk pameran besar seni lukis, yang melibatkan 66 seniman Bandung dan mewakili beberapa generasi, yang dikurasi oleh Asmujo Jono Irianto dan Jajang Supriyadi.

“Dalam pameran yang berlangsung mulai 27 April hingga Juni 2024 mendatang, menghadirkan sejumlah karya terpilih dari para seniman dengan pendekatan, penjelajahan dan kecenderungan yang beragam. Lebih jauh, ditujukan untuk merekam dan mengenali keragaman gejala seni lukis yang tumbuh pada suatu ranah perkembangan praktiknya di kota Bandung,” kata Asmujo di Gery Art Gallery yang berada di Jalan Braga Kota Bandung Rabu (1/5).

Menurut Asmujo, dalam kaitan kerja kurasi, pameran ‘Bandung Painting Today’ menggunakan metoda pemetaan yang dilanjutkan dengan survei dan observasi (kunjungan studio dan wawancara). Lebih tampak sebagai upaya mengidentifikasi dan memberikan ruang pembacaan terhadap karya serta praktik seni lukis Bandung.

BACA JUGA  Pemkot Bandung Siapkan 993 Petugas Kebersihan untuk Jaga Kebersihan

Menjadi sebentuk pengupayaan, untuk menjemput pemahaman dari para seniman, menandai pergeseran dan perubahan nilai-nilai, serta praktik seni lukis itu sendiri. Dapat dijejaki melalui telisik pada pernyataan-pernyataan para seniman, berdialog dengan biografi, dan atau mengenali strategi perupaannya.

“Melalui pameran ini, serangkaian temuan, hubungan dan pertalian menjadi mungkin tergambarkan. Antara lukisan, antara seniman, sehimpunan pengetahuan, sebagai jejak perkembangan seni lukis. Bukan tidak mungkin, pula didapati kebedaan cara pandang dan kemajemukan praktiknya,” jelasnya.

Maka lanjut Asmujo, pemetaan awal mengenai keragaman seni lukis Bandung yang dibangun dalam kerja kurasi, menjadi memungkinkan untuk diperkaya oleh berbagai temuan dan gambaran keadaan melalui perbincangan dengan para seniman atau pun pihak lainnya dalam diskusi. Termasuk pula membayangkan arti penting seni lukis kontemporer yang tumbuh di kota Bandung saat ini.

BACA JUGA  Bupati Bandung Berkomitmen Lanjutkan 13 Program Prioritas

Bagi pengunjung yang ingin melihat pameran seni lukis ini di Grey Art Gallery  ini terbuka untuk umum dengan harga tiket Senin hingga Kamis Rp20.000/orang dan pada Jumat hingga Minggu harga tiket Rp25.000/orang.

Grey Art Gallery merupakan ruang kreatif baru yang memberikan pengalaman artistic yang unik dan inspiratif di Kota Bandung.

“Kami menghadirkan pengalaman artistik, ekspresi seni rupa, dan nilai-nilai edukatif seni melalui beragam program pameran, workshop, residensi, dan diskusi. Grey Art Gallery percaya bahwa seni memiliki kekuatan untuk menghubungkan, menginspirasi, dan merangsang pemikiran serta kesadaran dengan cara yang khas,” ujarnya.

“Maka program-program yang kami rancang menjadi titik temu yang dinamis antara para seniman dan publik, di mana pelaku seni dikondisikan untuk berbagi karya mereka dengan masyarakat, sehingga menciptakan kesempatan untuk pengembangan, pemahaman, dan peningkatan wawasan terhadap seni.”

BACA JUGA  Resmi, Rumah Dinas Wali Kota Bandung Jadi Obyek Wisata Sejarah

“Dengan menghadirkan pameran seni yang beragam, workshop praktis, residensi seniman, dan diskusi terbuka, kami berharap dapat memberikan ruang bagi kolaborasi serta pertukaran gagasan sehingga masyarakat dapat terlibat secara langsung dalam proses berkesenian, mengenal serta berproses kreatif, juga melibatkan diri dalam beragam diskusi kebudayaan yang mendorong refleksi dan pemikiran kritis.”

“Melalui upaya ini, kami berusaha dapat membantu membangun ekosistem seni rupa yang lebih baik di Indonesia, menjadi motor penggerak untuk perkembangan seni rupa dan, memposisikan Grey sebagai etalase inspiratif dan menjadi salah satu barometer dalam melihat perkembangan seni rupa di Indonesia,” urainya. (RI/N-02)

Dimitry Ramadan

Related Posts

Jazz Gunung Slamet Siap Digelar, Ini Lokasi dan Cara Beli Tiketnya

UNTUK kedua kalinya Jazz Gunung Indonesia (JGI) masukke dalam daftar rangkaian Jazz Gunung Series tahun ini. Jazz Gunung Slamet merupakan event pertama dari rangkaian Jazz Gunung Series 2024, yang akan…

  • Pentas
  • April 23, 2024
  • 23 views
Ratusan Musisi Jazz Siap Ramaikan Digi Bandoeng Festive 2024

INCOGNITO ncognito Band jazz internasional dengan lagu hits antara lain ‘Don’t You Worry ‘Bout a Thing’, ‘Still a Friend of Mine’ dan Talkin’Loud, akan tampil di acara Digi Bandoeng Festive…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan Lewatkan

1.144 Atlet Tenis Meja Ramaikan Specta Jateng Pingpong 2024

  • May 17, 2024
  • 21 views
1.144 Atlet Tenis Meja Ramaikan Specta Jateng Pingpong 2024

Kesadaran Masyarakat Meningkat, Jumlah Pemegang Polis Asuransi Jiwa Naik Pesat

  • May 17, 2024
  • 24 views
Kesadaran Masyarakat Meningkat, Jumlah Pemegang Polis Asuransi Jiwa Naik Pesat

Mahasiswa Poltek Harber Belajar Keuangan di Perusahaan Sarung Pohon Korma

  • May 17, 2024
  • 27 views
Mahasiswa Poltek Harber Belajar Keuangan di Perusahaan Sarung Pohon Korma

Kendalikan Bencana Hidrometeorologi di Sumbar, BMKG Siap Gelar TMC

  • May 16, 2024
  • 24 views
Kendalikan Bencana Hidrometeorologi di Sumbar, BMKG Siap Gelar TMC

Perang di Palestina Buat Kabinet Israel Terbelah

  • May 16, 2024
  • 20 views
Perang di Palestina Buat Kabinet Israel Terbelah

Masyarakat Diimbau tidak Tergiur Tawaran Investasi Bodong

  • May 16, 2024
  • 20 views
Masyarakat Diimbau tidak Tergiur Tawaran Investasi Bodong