LavAni belum Terbendung di Final Four Proliga 2024

JUARA bertahan putra Jakarta LavAni Allobank Electric kembali meraih kemenangan pada putaran final four seri pertama PLN Mobile Proliga 2024.  Jakarta STIN BIN lah yang kali ini menjadi korban LavAni.

Dalam laga di GOR Bung Tomo, Surabaya, Sabtu (6/7/2024) malam, LavAni menang  3-1 (25-15, 25-21, 21-25, 25-20).

Ini menjadi kemenangan kedua bagi LavAni setelah sebelumnya mengalahkan Jakarta Bhayangkara Presisi dengan skor 3-0 pada Jumat (5/7/2024). Hasil itu membuat LavAni memimpin klasemen sementara dengan nilai 6.

Jumlah kemenangan LavAni sama dengan yang didapat Palembang Bank SumselBabel, tetapi juara Proliga 2011 dan 2013 ini mengoleksi nilai 5, hasil kemenangan 3-1 atas STIN BIN dan 3-2 atas Bhayangkara Presisi.

Pada laga terakhir putaran pertama final four, Minggu (7/7/2024), LavAni dan Bank SumselBabel akan bertemu untuk memperebutkan juara putaran pertama dan hadiah uang pembinaan sebesar Rp 60 juta.

BACA JUGA  Bhayangkara Presisi Dampingi LavAni ke Grand Final Proliga

Dari dua kali pertemuan selama babak reguler, LavAni dan Bank SumselBabel saling mengalahkan. LavAni menang 3-0 pada putaran pertama, sementara Bank SumselBabel membalasnya dengan skor 3-2 pada putaran kedua.

“Pertemuan dengan Bank SumselBabel jelas tidak mudah. Mereka juga punya materi pemain bagus, tetapi kami tetap optimis,” kata asisten pelatih LavAni, Samsul Jais usai pertandingan.

Menurutnya,  babak empat besar tidak saja membutuhkan kondisi fisik yang prima karena bermain maraton tiga kali dalam empat hari, tetapi kekuatan mental juga sangat penting.

Saat laga menghadapi STIN BIN, LavAni tampil sangat dominan pada set pertama dan menyerang lewat servis. Beberapa kali receive Farhan dan Doni Haryono tidak sempurna yang mengakibatkan LavAni bisa memukul balik. Set pertama dimenangkan LavAni 25-15.

BACA JUGA  Ikuti AVC Challenge di Filipina, PBVSI Panggil 14 Pemain

STIN BIN mencoba bangkit pada set kedua dengan penerimaan servis yang lebih baik hingga skor ketat 13-13. Tidak lama kemudian, anak-anak LavAni kembali menekan dan menggagalkan serangan Rivan Nurmulki dan Farhan Halim hingga unggul jauh 20-16. LavAni pun kembali menang 25-21.

Tertinggal dua set, pelatih STIN BIN Ryan Masajedi menurunkan formasi pemain lokal, termasuk Fikri “Marjose” Mustofa menggantikan Rivan Nurmulki yang tampil buruk dan Luvin Febrian menempati posisi Doni Haryono.

Formasi lokal ini bermain solid dan menyulitkan pertahanan LavAni. Mereka unggul dalam perolehan angka dan mengambil set ketiga 25-21. Sayangnya menjelang akhir set ketiga, Luvin Febrian harus meninggalkan lapangan lebih cepat karena mengalami cedera.

BACA JUGA  Indonesia Pecundangi Singapura di Laga Kedua

Memasuki set keempat, LavAni kembali menemukan performanya. Renan Buiatti, Boy Arnez, Hendra Kurniawan, Malizi, dan Dio Zulkifli sangat solid dalam bertahan dan menyerang. Kendati sempat mendapat perlawanan dari STIN BIN, tetapi LavAni tak terbendung untuk menang 25-20.

Kekalahan kedua kalinya pada final four putaran pertama ini membuat langkah STIN BIN menembus grand final semakin berat.

Sebelumnya di bagian putri, tim Jakarta Electric PLN berada di posisi teratas klasemen sementara putaran final four seri pertama usai memenangkan laga melawan Jakarta Pertamina Enduro 3-1 (25-23, 11-25, 25-21, 25-21) dalam lanjutan PLN Mobile Proliga 2024 di GOR Bung Tomo, Surabaya, Sabtu (7/7/2024).

Jadwal Minggu (7/7/2024)

Jam 14.00 WIB: Popsivo-BIN (putri)
Jam 16.00 WIB: STIN BIN-Bhayangkara (putra)
Jam 18.30 WIB: LavAni-Bank Sumsel (putra).(*/N-01)

Dimitry Ramadan

Related Posts

Imel Kembali Harumkan Nama Jambi di Laga Wushu Putri

ATLET wushu putri andalan Provinsi Jambi, Melisa Try Andani kembali berhasil menorehkan prestasi di ajang Pekan Olah Raga Nasional  (PON) XXI  2024 digelar di Aceh dan Sumatra Utara. Sekaligus membanggakan…

Jakarta masih di Puncak Perolehan Medali PON XXI Aceh-Sumut

PROVINSI DKI Jakarta masih berada di puncak klasemen sementara perolehan medali do Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatra Utara 2024 per Rabu (18/9). DKI Jakarta meraih 135 medali emas, 114…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan Lewatkan

Bandung Jadi Inspirasi Kemenkopolhukam Terapkan Smart City

  • September 20, 2024
Bandung Jadi Inspirasi Kemenkopolhukam Terapkan Smart City

Polda Jawa Barat Terus Rilis Data Terkini Dampak Gempa Bumi

  • September 20, 2024
Polda Jawa Barat Terus Rilis Data Terkini Dampak Gempa Bumi

Park Bo Gum Tampil Berotot Jadi Petinju di Drama Good Boy

  • September 20, 2024
Park Bo Gum Tampil Berotot Jadi Petinju di Drama Good Boy

Pemkab Sleman Bina KWT untuk Sejahterakan Keluarga Petani

  • September 20, 2024
Pemkab Sleman Bina KWT untuk Sejahterakan Keluarga Petani

Malam Kelam Barca di Monaco

  • September 20, 2024
Malam Kelam Barca di Monaco

Asosiasi Tolak Usulan Pemerintah Hapus Dua Ayat Pasal 110 RUU Pelayaran

  • September 20, 2024
Asosiasi Tolak Usulan Pemerintah Hapus Dua Ayat Pasal 110 RUU Pelayaran