Tim Dosen Unsil Beri Pelatihan Transformasi Digital untuk Guru Bahasa Indonesia SMK

SEBAGAI salah satu wujud pengabdian mereka pada masyarakat, tim dosen Universitas Siliwangi (Unsil) Tasikmalaya, memberi pelatihan transformasi teks hikayat ke bentuk digital bagi para guru Bahasa Indonesia SMK se-Kota Tasikmalaya, Jawa Barat pada 20-21 Juli 2024

Pelatihan tersebut, dilakukannya di SMKN 1 Kota Tasikmalaya dan diikuti 25 orang peserta dari 51 sekolah.

Pelatihan transformasi digital bagi guru bahasa Indonesia SMK itu merupakan gagasan kurikulum merdeka. Hal iti membuat pemerintah daerah berupaya mewujudkan harapan guru dan peserta didik SMK untuk menjadi sumber daya manusia (SDM) berkualitas unggul di era revolusi 4.0.

Prinsip merdeka belajar dicanangkan oleh Kemdikbudristek untuk mewujudkan transformasi pendidikan komprehensif, salah satu kodrat zaman mewujudkan guru mampu menyiapkan bahan ajar yang adaptif dengan dunia digital.

Gandeng MGMP

Ketua tim dosen pengabdian masyarakat dan sebagai Ketua PPM Unsil, Dr Titin Setiartin mengatakan, pihaknya menghadapi tantangan dari lembaga penelitian, pengabdian masyarakat (LPPM) Unsil.

BACA JUGA  PLN Tingkatkan Ekonomi Digital UMKM Gunungkidul lewat Pelatihan Digital Marketing

Mereka menugaskan para dosen untuk melakukan pengabdian skema pemberdayaan kemitraan bagi masyarakat dan melaksanakan pelatihan transformasi teks hikayat ke bentuk digital animasi bagi guru Bahasa Indonesia SMK.

“Pelatihan dilaksanakan atas kerja sama Tim PPM Unsil dengan MGMP Bahasa Indonesia SMK Kota Tasikmalaya selama dua hari dan para guru yang tergabung dalam MGMP terkoneksi dengan semua sekolah, baik negeri maupun swasta yang ada di Kota Tasikmalaya,” katanya, Minggu (21/7/2024).

Dr Titin mengatakan, tim pengabdian pada masyarakat dilakukan ketua PPM dan anggotanya Dr Iis Lisnawati, Siti Pitrianti, MPd dibantu mahasiswa yang terlibat Siti Papat Fatimah dan Mita Nurmala.

Namun, pengabdian yang dilakukan Unsil Tasikmalaya berharap dapat terus berkontribusi terutama dalam peningkatan kompetensi guru bahasa Indonesia SMK untuk mengembangkan sebagai guru professional dan kompetetif.

“Pengabdian yang dilakukan tim dosen ini, ke depan dapat berkontribusi terutamanya peningkatan kompetensi guru bahasa Indonesia. Karena, pelatihan transformasi digital bagi guru bahasa Indonesia SMK di Kota Tasikmalaya melalui gagasan kurikulum merdeka menjadi sumber daya manusia (SDM) berkualitas dan para guru agar adaptif dengan multiliterasi digital dalam pembelajaran,” ujarnya.

BACA JUGA  Penkum Kejati DIY Kenalkan Soal Korupsi pada Siswa SMK Koperasi

Penguatan kompetensi

Sementara itu, Ketua MGMP dan sebagai ketua pelaksana, Asep Irawan Takhyana mengatakan, pelatihan yang dilakukannya sebagai bentuk penguatan kompetensi profesional guru sangat diperlukan dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka, khususnya bagi guru bahasa Indonesia di SMK.

“Tantangan berat bagi guru bahasa Indonesia, terutama dalam menciptakan pembelajaran yang tepat sesuai dengan peminatan bidang vokasi peserta didik,” katanya.

Sementara, Kepala Sekolah SMKN 1 Dr Wawan mengungkapkan, pihaknya sangat menyambut dan mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan untuk meningkatkan kompetensi guru yang professional serta dapat menciptakan lulusan SMK yang unggul dan mampu berdaya saing global di dunia kerjanya nanti.

“Kami mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh tim dosen dan PPM Unsil agar para guru ke depan lebih profesional,” katanya.

BACA JUGA  Bupati Minta Guru Awasi Penyalahgunaan Medsos oleh Anak Murid

Kepala KCD Pendidikan Wilayah XII, Disdik Jawa Barat, Dedi Suryadin mengatakan, elemen guru harus melaksanakan dengan memaksimalkan transformasi pendidikan, terutama guru harus melindungi peserta didik dari kekerasan seksual, kekerasan fisik dan bullying kekerasan verbal.

Akan tetapi, peserta pelatihan diberi penguatan dasar mengubah teks (verbal) ke gambar (visual), penguatan dasar mentransformasi verbal ke visual dan animasi menyusun cerita dan mentransformasi narasi hikayat ke elemen visual menggunakan perangkat lunak animasi.

“Penguatan ini membantu para guru agar inovatif menyiapkan pembelajaran berbasis digital dan produk dari pelatihan diharapkan berbentuk film animasi yang dapat dipublikasikan pada media YouTube. Kegiatan pelatihan, mendapat respons sangat luar biasa, peserta pelatihan sangat antusias melaksanakannya dan mereka memahami materi dengan baik,” pungkasnya. (YY/N-01)

Dimitry Ramadan

Related Posts

BNPB Salurkan DSP untuk Penanganan Korban Gempa di Jabar

BADAN Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyalurkan dana siap pakai (DSP) sebesar Rp300 juta, sebagai langkah  penanganan dampak gempa bumi yang mengguncang Kabupaten Bandung Jawa Barat. Gempa berkuatan magnitudo 5,0 yang…

BNPB Beri Bantuan untuk Korban Gempa Bandung

SEBAGAI bentuk kepedulian mereka pada pengungsi korban gempa bumi di Jawa Barat, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyalurkan bantuan dana dan logistik. “Kepala BNPB Suharyanto memimpin langsung penyerahan bantuan tersebut,”…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan Lewatkan

Polda Jawa Barat Terus Rilis Data Terkini Dampak Gempa Bumi

  • September 20, 2024
Polda Jawa Barat Terus Rilis Data Terkini Dampak Gempa Bumi

Park Bo Gum Tampil Berotot Jadi Petinju di Drama Good Boy

  • September 20, 2024
Park Bo Gum Tampil Berotot Jadi Petinju di Drama Good Boy

Pemkab Sleman Bina KWT untuk Sejahterakan Keluarga Petani

  • September 20, 2024
Pemkab Sleman Bina KWT untuk Sejahterakan Keluarga Petani

Malam Kelam Barca di Monaco

  • September 20, 2024
Malam Kelam Barca di Monaco

Asosiasi Tolak Usulan Pemerintah Hapus Dua Ayat Pasal 110 RUU Pelayaran

  • September 20, 2024
Asosiasi Tolak Usulan Pemerintah Hapus Dua Ayat Pasal 110 RUU Pelayaran

Paslon Farhan-Erwin Mulai Sosialisasikan Program

  • September 20, 2024
Paslon Farhan-Erwin Mulai Sosialisasikan Program