Minum dari Botol Plastik Picu Tekanan Darah Tinggi

DIET plastik terbukti menyehatkan lingkungan dan kesehatan. Temuan terbaru ternyata minum dari botol plastik bisa memicu tekanan darah tinggi.

Studi baru menemukan bahwa minum dari botol plastik dapat menyebabkan mikroplastik memasuki aliran darah. Berpotensi menyebabkan peningkatan tekanan darah.

Para peneliti dari Departemen Kedokteran Universitas Danube di Austria meneliti dampak diet sebagian plastik terhadap tekanan darah pada sekelompok peserta.

Dari hasil penelitian bahwa menghindari penggunaan plastik selama dua minggu membantu menurunkan tensi.

Penelitian pada wanita menunjukkan bahwa terjadi perubahan signifikan pada tensi darah sistolik di lengan kanan setelah dua hingga empat minggu.

Sedangkan lengan kiri tidak menunjukkan perubahan signifikan. Pada pria, pengukuran tekanan darah pada kedua lengan tidak menunjukkan perubahan signifikan karena variabilitas yang tinggi pada partisan.

BACA JUGA  Awas! Cemaran Mikroplastik Air Hujan Ancam Kesehatan Manusia

Namun setelah dua minggu, ada perubahan penting pada tekanan darah diastolik pada semua peserta di kedua kelompok.

Meskipun penelitian ini belum menemukan hubungan sebab akibat. Dan temuan ini didasarkan pada populasi kecil, para peneliti menemukan tren yang luar biasa menyoroti potensi bahaya plastik.

Mikroplastik dan Kardiovaskular

Para peneliti menyebutkan selama ini tekanan darah dikaitkan dengan faktor usia, jenis kelamin, pola makan, kebugaran fisik dan genetik. Namun dari hasil penelitian terkait mikroplastik di dalam darah manusia.

Berdasarkan temuan penelitian, para peneliti berpendapat bahwa partikel plastik yang bersirkulasi juga mungkin berdampak.

Menurut penelitian, partikel tersebut dapat berinteraksi dengan sel darah, berpotensi mengaktifkan trombosit, menyebabkan perubahan pada pembuluh darah, memicu respons peradangan, dan akhirnya berkontribusi pada pembentukan plak.

BACA JUGA  Serius! Hanya 1 dari 5 Penderita Hipertensi yang Terkendali

“Untuk mengkonfirmasi hipotesis ini, sampel yang lebih besar dari partisipan pria dan wanita harus diperiksa. Idealnya dengan pemantauan konsentrasi plastik dalam darah,” tulis para peneliti dalam penelitian mereka yang dipublikasikan di Microplastics.

Perubahan tensi darah yang diamati menunjukkan bahwa mengurangi asupan partikel plastik melalui mulut dapat menurunkan risiko kardiovaskular.

Temuan ini menggarisbawahi pentingnya meminimalkan penggunaan plastik untuk mencegah dampak buruk terhadap kesehatan.

Para peneliti berharap penelitian mikroplastik ini bisa lebih komprehensif untuk memperjelas hubungan paparan plastik dan kesehatan kardiovaskular. (Medical Daily/S-01)

BACA JUGA  Pengajuan Visa AS Bisa Ditolak karena Obesitas

Siswantini Suryandari

Related Posts

  • Blog
  • June 14, 2026
Skotlandia Menang, Brasil dan Swiss Tertahan

TIMNAS Skotlandia mengawali langkahnya di Piala Dunia 2026 dengan kemenangan 1-0 atas Haiti dalam laga Grup C, Minggu. Satu-satunya gol Skotlandia dalam duel di Boston Stadium itu dicetak John McGinn…

Tiga Kartu Merah Warnai Kemenangan Meksiko

SALAH satu tuan rumah Piala Dunia 2026,  Meksiko sukses meraih kemenangan meyakinkan 2-0 atas Afrika Selatan pada laga perdana mereka Grup A Jumat dini hari WIB. Dalama duel yang berlangsung…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan Lewatkan

Pelatih Australia Richard Garcia Senang Bisa Juarai Piala AFF U-19

  • June 14, 2026

Montella Kecewa, Turki Kuasai Laga Tapi Kalah dari Australia

  • June 14, 2026
Montella Kecewa, Turki Kuasai Laga Tapi Kalah dari Australia

Pastikan Data PCMB Aman, Pemprov Jabar Minta Maaf Atas Kendala Akses

  • June 14, 2026
Pastikan Data PCMB Aman, Pemprov Jabar Minta Maaf Atas Kendala Akses

Pemkot Bandung Hadirkan 2.361 Peluang Kerja di Job Fair 2026

  • June 14, 2026
Pemkot Bandung Hadirkan 2.361 Peluang Kerja di Job Fair 2026

AFJ Dorong Dirjen PKH Tingkatkan Standar Kesejahteraan Hewan

  • June 14, 2026
AFJ Dorong Dirjen PKH Tingkatkan Standar Kesejahteraan Hewan

Skotlandia Menang, Brasil dan Swiss Tertahan

  • June 14, 2026
Skotlandia Menang, Brasil dan Swiss Tertahan