121 Atlet dari 10 Negara Ikuti Turnamen Hydroplus Para Badminton

  • Olahraga
  • September 16, 2024
  • 0 Comments

SEBANYAK 121 atlet dari 10 negara dipastikan mengikuti Turnamen Hydroplus Indonesia Para Badminton International 2024 yang akan digelar di Edutorium Universitas Muhammadiyah Surakarta, Solo, Jawa Tengah pada 17 – 22 September.

Mereka bakal berebut gelar juara di 22 nomor pertandingan baik tunggal maupun ganda di sektor WH 1, WH 2, SL 3, SL 4, SU 5, hingga SS 6. Pasangan campuran kebanggaan Indonesia yang baru saja merebut emas di Paralimpiade Paris, Leani Ratri Oktila – Hikmat Ramdani akan ikut ambil bagian.

Naik level

Turnamen Hydroplus tahun ini menjadi semakin prestisius, karena federasi bulu tangkis dunia (BWF) meningkatkan status turnamen menjadi Grade 2 Level 2 dari semula Grade 2ma Level 3.

Tak hanya itu, kompetisi bergengsi ini juga didukung Bakti Olahraga Djarum Foundation, yang menyediakan total hadiah US$10 ribu atau lebih dari Rp150 juta.

BACA JUGA  Antisipasi Arus Mudik, Menhub Buka Posko Pusat Angkutan Lebaran Terpadu

“Adapun negara yang akan mengikuti HYDROPLUS Indonesia Para Badminton International 2024 adalah Australia, Azerbaijan, Perancis, Jerman, India, Indonesia, Korea Selatan, Singapura, Spanyol dan Uni Emirat Arab.” papar  Group Brand Head Hydroplus, Yose Moriza, Senin (16/9), di Solo.

Dia jelaskan, meningkatnya status turnamen menjadi Grade 2 Level 2 dalam kalender BWF diharapkan dapat menjadi magnet bagi para atlet dari berbagai penjuru dunia tampil.

“Sebuah kebanggaan bagi Hydroplus Isotonic Drink dapat mendukung turnamen para badminton 2024 dan menjadi bagian dari perjalanan para atlet dalam meraih kesuksesan. Dengan tema #KeepUpTheSpirit, kami berharap para atlet dapat bertanding dengan semangat juang dan energi positif untuk menuju podium tertinggi di turnamen ini,” imbuh Yose.

Semakin maju

Sementara Yuni Kartika selaku perwakilan Bakti Olahraga Djarum Foundation mengatakan penyelenggaraan turnamen ini merupakan wujud nyata menjaga mata rantai prestasi para badminton Indonesia agar semakin berkilau di panggung dunia.

BACA JUGA  Gusti Bhre masih Pikir-pikir Soal Tawaran Ketum PSI untuk Jadi Bacalon Walikota Solo

“Seperti kita tahu, cabang  olahraga para badminton baru saja memberikan kejayaan bagi Indonesia di panggung dunia. Teranyar, Indonesia meraih emas di nomor ganda campuran SL3-SU5 di Paris,” ungkap Yuni.

Torehan prestasi ini perlu dijaga dan ditingkatkan dengan cara menyelenggarakan secara rutin turnamen yang kompetitif seperti penyelenggaraan Hydroplus Indonesia Para Badminton International 2024, sehingga impian Indonesia digdaya di bidang olahraga khususnya para badminton bisa tercapai.

Lawan terberat

Pada bagian lain, Wakil Sekretaris Jenderal National Paralympic Committee (NPC) Indonesia, Rima Ferdianto yang juga Ketua Panitia Pelaksana HYDROPLUS Indonesia menuturkan, India akan menjadi lawan terberat lantaran negara Hidustan mengirimkan atlet terbanyak di ajang ini dengan total mencapai 60 atlet.

BACA JUGA  Waduh! Darah PMI Solo Terkuras untuk Pertolongan Pasien DBD

Pada gelaran yang sama tahun lalu, India berhasil meraih 3 gelar juara dan menempatkan 14 atlet di posisi runner up serta juara ketiga. Karena itu, diprediksi India akan menjadi lawan terberat.
NPC Indonedia akan melakukan rotasi pemain untuk turnamen kali ini, karena ada beberapa yang masih dalam tahap recovery pasca Paralimpiade Paris.

“Jadi ini waktunya bagi pemain-pemain baru Indonesia unjuk unjuk kemampuan sekaligus mulai memutar roda regenerasi. Namun, untuk menjaga peluang juara, kami juga menerjunkan sejumlah juara Paralimpiade kemarin,” tutur Rima.

Mereka yang diterjunkan adalah campuran SL3-SU5 Leani Ratri Oktila dan Hikmat Ramdani yang baru saja sukses memboyong medali emas di Paralimpiade Paris 2024. (WID/N-01)

Dimitry Ramadan

Related Posts

Imel Kembali Harumkan Nama Jambi di Laga Wushu Putri

ATLET wushu putri andalan Provinsi Jambi, Melisa Try Andani kembali berhasil menorehkan prestasi di ajang Pekan Olah Raga Nasional  (PON) XXI  2024 digelar di Aceh dan Sumatra Utara. Sekaligus membanggakan…

Jakarta masih di Puncak Perolehan Medali PON XXI Aceh-Sumut

PROVINSI DKI Jakarta masih berada di puncak klasemen sementara perolehan medali do Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatra Utara 2024 per Rabu (18/9). DKI Jakarta meraih 135 medali emas, 114…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan Lewatkan

Jokowi Perintahkan Kementerian Tuntaskan Data NPWP Bocor

  • September 19, 2024
Jokowi Perintahkan Kementerian Tuntaskan Data NPWP Bocor

Pencarian Dua Kapal Nelayan Tenggelam di Perairan Kalbar Terus Berlanjut

  • September 19, 2024
Pencarian Dua Kapal Nelayan Tenggelam di Perairan Kalbar Terus Berlanjut

Beruang Madu Korban Jerat di Bengkalis Dilepasliarkan

  • September 19, 2024
Beruang Madu Korban Jerat di Bengkalis Dilepasliarkan

BNPB Salurkan DSP untuk Penanganan Korban Gempa di Jabar

  • September 19, 2024
BNPB Salurkan DSP untuk Penanganan Korban Gempa di Jabar

Presiden Jokowi Resmikan Jalan Tol Solo-Yogyakarta Seksi I

  • September 19, 2024
Presiden Jokowi Resmikan Jalan Tol Solo-Yogyakarta Seksi I

Imel Kembali Harumkan Nama Jambi di Laga Wushu Putri

  • September 19, 2024
Imel Kembali Harumkan Nama Jambi di Laga Wushu Putri