Bio Farma Berikan Vaksinasi Influenza Gratis Pada Kelompok Lingkungan

UNTUK mengantisipasi penyebaran virus influenza di kalangan masyarakat penggerak lingkungan, PT Bio Farma memberikan vaksinasi influenza kepada anggota kelompok penggerak lingkungan Pandawara.

Kegiatan vaksinasi gratis ini dilakukan kepada 13 Anggota Pandawara pada Rabu (26/6) lalu di Klinik Immunicare PT Bio Farma Kota Bandung Jawa Barat (Jabar).

Pandawara merupakan kelompok penggerak dan pemengaruh yang berfokus pada permasalahan sampah dan kebersihan lingkungan yang saat ini tengah viral atas kontribusinya di bidang lingkungan.

Pandawara telah menerima berbagai penghargaan, di antaranya adalah “Year on TikTok 2022” dari media sosial TikTok dan penghargaan Indonesia Green Awards 2023 yang diadakan oleh La Tofi School of Social Responsibility.

Kepala Departemen Komunikasi Pemasaran Nasional PT Bio Farma, Edwin Garna Pringadi melalui keterangannya Senin (1/7) menyatakan, pentingnya menjaga imunitas pada musim rawan penularan influenza seperti saat ini.

BACA JUGA  Bio Farma dan Novo Nordisk Kerjasama Produksi Obat Diabetes

Selama musim influenza, jumlah kasus biasanya meningkat tajam, dengan puncak aktivitas terjadi dalam beberapa minggu hingga beberapa bulan.

“Sebagian masyarakat menganggap penyakit ini tidak berbahaya, namun nyatanya dapat berkembang menjadi parah hingga menyebabkan kematian. Terutama bagi kelompok masyarakat yang menderita penyakit bawaan, seperti penyakit jantung, diabetes, dan lainnya,” jelas Edwin.

Selain itu  penyakit flu ini rentan menyerang pada kelompok lansia dan anak-anak. Gejala yang ditimbulkan dari flu, sering kali mengganggu aktivitas sehingga dapat menurunkan produktivitas seseorang.

Juru Bicara Kelompok Pandawara, Syifa Ulla Damayanti menyampaikan bahwa anggota Pandawara sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini. Pada mulanya, anggota Pandawara merasa takut untuk disuntik vaksin flu.

BACA JUGA  Kemenkes Tunjuk PT Bio Farma Sebagai Fasilitas Rujukan Delegasi OIC

Namun setelah satu orang masuk ke klinik imunisasi, prosesnya tidak sampai 10 detik, penyuntikan vaksin flu telah selesai. “Melihat ini, membuat anggota kami yang awalnya takut, menjadi semangat untuk ikut divaksinasi juga,” ungkapnya.

Sementara itu perwakilan grup Pandawara lain, Muchamad Iksan Destian juga menyampaikan pentingnya vaksinasi dalam rangka menjaga kesehatan di sela-sela aktivitas sehari-hari yang padat. Kegiatan kelompok Pandawara, selain jadwal yang cukup ketat, juga sangat memerlukan banyak stamina.

“Jika di tengah-tengah aktivitas pembersihan, anggota kami ada yang jatuh sakit, itu akan sangat berdampak pada efektivitas kegiatan. Selain booster oleh vitamin atau suplemen, vaksinasi juga menjadi solusi untuk meningkatkan kekebalan tubuh supaya tidak mudah sakit,” lanjutnya.

BACA JUGA  Delegasi OIC Comstech Lanjut Pelatihan di Unpad

Berdasarkan data yang ada saat ini di Indonesia, terbukti angka penularan influenza lebih tinggi pada musim hujan, dibandingkan pada musim kemarau. Fenomena ini menunjukkan bahwa penyebaran infeksi influenza di Indonesia juga dipengaruhi oleh musim.

Pusat Pengendalian Penyakit AS (CDC) memperkirakan sekitar 12.000 hingga 61.000 orang meninggal setiap tahun akibat penyakit terkait influenza selama beberapa dekade terakhir. Jumlah ini dapat berubah tergantung pada tingkat keparahan musim flu dan keberhasilan vaksinasi. (Rava/S-01)

Siswantini Suryandari

Related Posts

Kecerdasan Buatan Bisa Mendiagnosis Mpox

PARA peneliti di India sukses memanfaatkan kecerdasan buatan (Artificial intelligence/AI) untuk mendiagnosis mpox. Caranya dengan menganalisis foto lesi kulit mencapai tingkat akurasi hingga 99,5 persen. Studi tersebut baru saja dipublikasikan…

BNPB Salurkan DSP untuk Penanganan Korban Gempa di Jabar

BADAN Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyalurkan dana siap pakai (DSP) sebesar Rp300 juta, sebagai langkah  penanganan dampak gempa bumi yang mengguncang Kabupaten Bandung Jawa Barat. Gempa berkuatan magnitudo 5,0 yang…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan Lewatkan

Wakil Bupati Sleman Ajak Napi Teladani Nabi Muhammad SAW

  • September 20, 2024
Wakil Bupati Sleman Ajak Napi Teladani Nabi Muhammad SAW

Kecerdasan Buatan Bisa Mendiagnosis Mpox

  • September 20, 2024
Kecerdasan Buatan Bisa Mendiagnosis Mpox

DIY Memasuki Awal Musim Penghujan di Bulan Oktober

  • September 20, 2024
DIY Memasuki Awal Musim Penghujan di Bulan Oktober

A. Koswara Dilantuk Sebagai Penjabat Wali Kota Bandung

  • September 20, 2024
A. Koswara Dilantuk Sebagai Penjabat Wali Kota Bandung

Bandung Jadi Inspirasi Kemenkopolhukam Terapkan Smart City

  • September 20, 2024
Bandung Jadi Inspirasi Kemenkopolhukam Terapkan Smart City

Polda Jawa Barat Terus Rilis Data Terkini Dampak Gempa Bumi

  • September 20, 2024
Polda Jawa Barat Terus Rilis Data Terkini Dampak Gempa Bumi