LDII Bali Berkomitmen Salurkan Daging Kurban untuk Seluruh Warga

LEMBAGA Dakwa Islam Indonesia (LDII) Provinsi Bali selama tiga hari berturut-turut menyalurkan daging kurban. Jumlahnya mencapai lebih dari 12 ribu warga, tanpa sekat agama. Wakil Ketua LDII Provinsi Bali Hardilan mengatakan, penyaluran daging korban untuk Iduh Adha tahun 2024 mengalami kenaikan yang luar biasa.

“Tahun ini LDII Bali tetap menggelar kurban hewan kepada seluruh masyarakat di Bali. Jika tahun lalu jumlahnya hanya mencapai 10 ribu lebih, maka tahun ini Jumlahnya mencapai 12 ribu lebih. Ada kenaikan 2 ribu lebih dari jumlah tahun 2023 lalu. Untuk masyarakat yang ada di sekitar Gedung Pusat LDII Bali di Padang Griya, Kecamatan Denpasar Barat, tetangga LDII, semuanya akan dibagikan daging secara gratis,” ujarnya saat dikonfirmasi di sela sela pemotongan hewan di hari kedua di Halaman Gedung LDII Bali, Selasa (18/6/2024).

BACA JUGA  Imigrasi Bali Deportasi WN AS Setelah Rusak Rumah Warga

Menurutnya, pembagian daging kurban dari LDII Bali tidak mengenal sekat batas, terutama agama muslim. Sebab, warga yang membutuhkan daging itu bukan hanya warga muslim, tetapi semua warga Bali yang membutuhkan.

“Pemberian daging korban ini lintas agama, lintas suku, lintas golongan. Islam itu adalah Rahmat bagi seluruh alam semesta, bagi seluruh umat manusia, tidak ada batas,” ujarnya.

Itulah sebabnya, jumlah pembagian daging kurban dari LDII Bali tahun 2024 ini bertumbuh menjadi 12 ribu lebih. Jumlah ini akan dibagikan oleh 2 anak cabang LDII Bali yang tersebar di 7 kabupaten dan kota di Bali, kecuali Bangli dan Klungkung yang memiliki kantor anak cabang. LDII Bali sudah menerima pendaftaran yang berhak menerima daging kurban. Banyak juga yang berasal dari atau atas nama lembaga sosial, panti asuhan, yang lintas agama, lintas suku.

BACA JUGA  Para Calon Wakil Walikota Bandung Sampaikan Visi di FGD DPD LDII

Menurut Hardilan, peningkatan jumlah penerima daging kurban ini setara dengan meningkatnya jumlah hewan kurban tahun 2024. Pada 2023 lalu jumlah hewan kurban sapi hanya mencapai 115 ekor. Sementara tahun 2024 meningkat menjadi 131 ekor sapi berukuran besar. Untuk hewan kurban kambing, 2024 meningkat menjadi 278 ekor.

“Termasuk bapak Walikota Denpasar IGN Jaya Negara yang menyumbang kambing kurban satu ekor. Kami panitia LDII Bali menyampaikan terima kasih atas kemurahan hati beliau. Kami juga sudah menerima hewan kurban dari Puri Grenceng Denpasar. Kami juga mengucapkan banyak terima kasih,” ujarnya.

Ia juga mengucapkan terima kasih dan hormat kepada semua donatur lainnya yang tidak sempat disebutkan satu persatu. Khusus untuk wilayah Padangsambian, Denpasar Barat, warga bisa datang sendiri untuk mengambil paketan daging kurban dengan membawa karcis yang sudah disiapkan panitia agar tidak mengantri dan berdesakan saat mengambilnya. Di Kantor LDII Bali, untuk melayani warga sekitar, para tetangga, warga yang sudah mendaftar, maka telah disembelih 16 ekor sapi dan 33 ekor kambing.

BACA JUGA  Penyelundupan 500 Gram Sabu ke Lapas Kerobokan Terungkap

Tanpa kantong plastik

Menariknya, tahun ini semua paket daging korban akan diantarkan ke setiap penerima sama sekali tidak menggunakan kantong kresek seperti tahun-tahun sebelumnya. Tahun ini semuanya menggunakan besek atau anyaman bambu yang dikemas menjadi mirip keranjang atau wadah yang aman untuk ditaruh daging korban dan lebih awet.

“Kami mendukung program Pemerintah Provinsi Bali dalam upaya memerangi sampah plastik. Makanya tahun ini kami menggunakan besek, tidak menggunakan kantong plastik. Bayangkan kalau 12 ribu kantong plastik akan disebar di Bali, maka Bali akan dipenuhi sampah plastik,” ujarnya. (Aci/N-01)

Dimitry Ramadan

Related Posts

BNPB Salurkan DSP untuk Penanganan Korban Gempa di Jabar

BADAN Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyalurkan dana siap pakai (DSP) sebesar Rp300 juta, sebagai langkah  penanganan dampak gempa bumi yang mengguncang Kabupaten Bandung Jawa Barat. Gempa berkuatan magnitudo 5,0 yang…

BNPB Beri Bantuan untuk Korban Gempa Bandung

SEBAGAI bentuk kepedulian mereka pada pengungsi korban gempa bumi di Jawa Barat, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyalurkan bantuan dana dan logistik. “Kepala BNPB Suharyanto memimpin langsung penyerahan bantuan tersebut,”…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan Lewatkan

Polda Jawa Barat Terus Rilis Data Terkini Dampak Gempa Bumi

  • September 20, 2024
Polda Jawa Barat Terus Rilis Data Terkini Dampak Gempa Bumi

Park Bo Gum Tampil Berotot Jadi Petinju di Drama Good Boy

  • September 20, 2024
Park Bo Gum Tampil Berotot Jadi Petinju di Drama Good Boy

Pemkab Sleman Bina KWT untuk Sejahterakan Keluarga Petani

  • September 20, 2024
Pemkab Sleman Bina KWT untuk Sejahterakan Keluarga Petani

Malam Kelam Barca di Monaco

  • September 20, 2024
Malam Kelam Barca di Monaco

Asosiasi Tolak Usulan Pemerintah Hapus Dua Ayat Pasal 110 RUU Pelayaran

  • September 20, 2024
Asosiasi Tolak Usulan Pemerintah Hapus Dua Ayat Pasal 110 RUU Pelayaran

Paslon Farhan-Erwin Mulai Sosialisasikan Program

  • September 20, 2024
Paslon Farhan-Erwin Mulai Sosialisasikan Program