Perpustakaan BI Dorong Minat Literasi Masyarakat

DALAM rangka memperingati Hari Buku Sedunia, perpustakaan Bank Indonesia (BI) Perwakilan Tasikmalaya menggelar kegiatan bincang inspiratif. Program strategis itu untuk mendorong minat literasi masyarakat sebagai karya tulis dan memberikan dampak positif terhadap sumber daya manusia (SDM).

Kepala Bank Indonesia Tasikmalaya Aswin Kosotali mengatakan, bincang inspiratif yang mereka lakukan itu mengusung tema ‘Financial goal for strawberry generation’ . Tujuannya yakni memiliki generasi kualitas sumber daya manusia (SDM) baik dikenal memiliki ide kreatif dan inovatif. Potensi tersebut, sangat dibutuhkan untuk menghadapi berbagai tantangan di era digital yang sangat kompleks dan volatile.

“Setiap generasi memiliki keunggulan masing-masing sebagai contoh generasi baby boomer terkenal kuat dalam pengelolaan keuangan dan kita bukan berarti generasi lainnya tidak lebih unggul dari generasi saat ini. Karena, BI memiliki tujuan untuk mencapai stabilitas nilai rupiah, memelihara sistem pembayaran dan menjaga sistem keuangan dalam mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan inklusif,” katanya, Kamis (30/5/2024)

BACA JUGA  Ratusan Siswa SMA Se-Jawa Barat Ikut Sakola Budaya

Ia mengatakan, keberadaan SDM berkualitas dan berdaya saing tinggi sangat diperlukan bagi generasi muda untuk memenuhi tujuan agar tercapainya kesejahteraan masyarakat dan Bank Indonesia Tasikmalaya akan terus mendorong pendidikan sebagai fondasi utama dalam membangun SDM kualitas dan berdaya saing. Namun, esensi pendidikan tidak hanya terbatas pada transfer pengetahuan semata, melainkan pengembangan keterampilan dasar supaya menopang segala aspek pembelajaran salah satunya literasi.

“Literasi memiliki arti yang lebih luas lagi tidak hanya sekadar membaca, tapi juga mencakup berbagai aspek kehidupan terutamanya dapat meningkatkan kualitas masyarakat. Karena, literasi sendiri sebagai muara kesejahteraan, pemberdayaan dan kebahagiaan baik di dunia maupun akhirat serta melindungi masyarakat dari misinformasi, hoaks yang dapat memicu konflik sosial,” ujarnya.

BACA JUGA  Masyarakat Diminta Bantu Pemberantasan Judi dan Prostitusi Online

Menurutnya, untuk menciptakan sumber daya manusia (SDM) berkualitas, Bank Indonesia Tasikmalaya membentuk program penguatan perpustakaan terbuka untuk masyarakat luas, yakni BI Corner dan iBI Library (perpustakaan digital) supaya mereka mudah diakses melalui penyediaan koleksi buku berkualitas terkini.

“Bank Indonesia (BI) aktif bergabung dengan komunitas literasi di daerah untuk mendukung penguatan literasi dan bincang Inspiratif juga menghadirkan narasumber pakar keuangan Ligwina Hananto, hadir Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah, komunitas literasi Se Priangan Timur, perwakilan mahasiswa dari Universitas Galuh dan Universitas Siliwangi,” pungkasnya. (YY/N-01)

Dimitry Ramadan

Related Posts

BNPB Salurkan DSP untuk Penanganan Korban Gempa di Jabar

BADAN Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyalurkan dana siap pakai (DSP) sebesar Rp300 juta, sebagai langkah  penanganan dampak gempa bumi yang mengguncang Kabupaten Bandung Jawa Barat. Gempa berkuatan magnitudo 5,0 yang…

BNPB Beri Bantuan untuk Korban Gempa Bandung

SEBAGAI bentuk kepedulian mereka pada pengungsi korban gempa bumi di Jawa Barat, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyalurkan bantuan dana dan logistik. “Kepala BNPB Suharyanto memimpin langsung penyerahan bantuan tersebut,”…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan Lewatkan

Park Bo Gum Tampil Berotot Jadi Petinju di Drama Good Boy

  • September 20, 2024
Park Bo Gum Tampil Berotot Jadi Petinju di Drama Good Boy

Pemkab Sleman Bina KWT untuk Sejahterakan Keluarga Petani

  • September 20, 2024
Pemkab Sleman Bina KWT untuk Sejahterakan Keluarga Petani

Malam Kelam Barca di Monaco

  • September 20, 2024
Malam Kelam Barca di Monaco

Asosiasi Tolak Usulan Pemerintah Hapus Dua Ayat Pasal 110 RUU Pelayaran

  • September 20, 2024
Asosiasi Tolak Usulan Pemerintah Hapus Dua Ayat Pasal 110 RUU Pelayaran

Paslon Farhan-Erwin Mulai Sosialisasikan Program

  • September 20, 2024
Paslon Farhan-Erwin Mulai Sosialisasikan Program

Basarnas Bantu Evakuasi Lansia yang Tercebur Sumur

  • September 20, 2024
Basarnas Bantu Evakuasi Lansia yang Tercebur Sumur