Australia Jadi Ujian Berat Indonesia di Semifinal Piala AFF U-16 2024

BENTROK melawan Australia di semifinal Piala Asean Cup U-16 pada Senin malam ( 1/7) di Stadion Manahan bakal menjadi ujian sesungguhnya bagi Indonesia.

Hal itu pun diakui Pelatih Timnas Indonesia U-16, Nova Arianto. Menurutnya Putu Panji dkk harus waspada.

“Ini ujian berart anak anak berjumpa Australia di fase semifinal Piala AFF U-16 2024. Mereka memiliki postur lebih tinggi dan visi bermain lebih oke,” ungkap Nova dalam sesi jumpa pera sehari menjelang semifinal di Paragon Solo, Minggu (30/6).

Dia akui perkembangan skuad Garuda Muda dari awal hingga lolos dari fase penyisihan sudah membanggakan. Namun  babak semifinal sungguh tidak mudah karena langsung bertemu Australia.

Menurut Nova, Joeys, julukan Timnas Australia U-16, bukanlah lawan yang mudah dihadapi. Karena itu, harapannya  Evandra Florasta dan kawan-kawan bisa bermain enjoy dan menikmati laga, agar berhasil baik. Ia selalu bicara kepada pemain agar selalu bermain enjoy dan menikmati pertandingan, sehingga bisa memberikan efek terbaik.

BACA JUGA  Rayakan Idul Adha 1445 H, Masjid Zayed Solo akan Berkurban 21 Sapi

Meski begitu  juru taktik berusia 44 tahun itu menyebut anak anak asuhnya diuntungkan, karena memiliki waktu istirahat lebih panjang.

“Ya, kami lebih diuntungkan, karena memiliki masa istirahat lebih panjang  Pasalnya, Indonesia terakhir kali bermain di Grup A melawan Laos pada Kamis (27/6/2024), sedangkan Australia hanya punya waktu istirahat sehari saja karena baru bermain lawan Timor Leste pada Sabtu (29/6/2024),” tukas dia.

Ia katakan, meski Australia juga menyimpan sejumlah pemain inti, namun timnas Indonesia tetap saja lebih lama recoverynya. Tentunya tetap memiliki perbedaan.

Nova juga mengaku telah menugaskan Mathew Baker,  memetakan kekuatan Australia U-16 pada fase semifinal Piala AFF U-16 2024.

“Saya sudah berbincang dengan Mathew Baker, yang merupakan pemain diaspora Timnas Indonesia U-16 yang lahir di Australia. Dari perbincangan, saya  mendapat informasi, ada beberapa pemain Australia U-16 yang satu klub dengan Baker di Melbourne City,” kata Nova.

BACA JUGA  Kaesang dan Isteri Ikut Topo Bisu dalam Kirab 1 Suro

Mereka yang pernah satu klub dengan Baker di Melbourne City adalah Jonty Benfield (kiper), Besian Kutleshi (bek), dan Jayden Necovski (bek tengah).

“Dari menggali informasi, kita susah bahas keunggulan calon lawan. Ya ini untuk antisipasi kekuatan. Mudah mudahan, meski belum detail,” tegas Nova.

Perlu dicatat, dari statistik fase grup, Joeys, julukan Timnas Australia U-16, punya catatan lebih mentereng ketimbang Garuda Muda.  Yang pertama adalah catatan produktivitas gol.

Australia selama babak penyisihan grup mencatat sukses 14 gol dari 3 pertandingan. Selain itu, gawang mereka juga belum kebobolan alias cleansheet, yakni  saat melawan Thailand (0-0), Malaysia (2-0), dan Timor Leste (12-0).

Di sisi lain, pelatih Australia Bradley John Maloney pun ternyata sangat berharap bertemu dengan Garuda Muda di partai semifinal final tersebut.Ia bahkan sesumbar para pemainnya akan penuh semangat, dan tidak gentar dibawah teror pendukung  dari tim tuan rumah.

BACA JUGA  Hasil Imbang Prancis-Belanda Singkirkan Polandia

“Anak asuh sudah tidak sabar untuk bisa merasakan langsung teror dari pendukung tuan rumah,” ujar Bradley. (WID/N-01)

Dimitry Ramadan

Related Posts

Malam Kelam Barca di Monaco

RAKSASA Catalan Barcelona mengawali penampilan mereka di Liga Champions 2024/2025 dengan buruk. Blaugrana di luar dugaan takluk 1-2 saat bertandang ke markas AS Monaco, Jumat (20/9) dini hari WIB. Dua…

Sukses Redam City, Inter Buktikan Harus Diwaspadai

KEJUTAN kecil dibuat Inter Milan. Mereka sukses menahan imbang penguasa Liga Primer Inggris saat ini, Manchester City di kandangnya sendiri. Dalam duel pertama fase liga, Liga Champions itu Nerazzurri menahan…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan Lewatkan

Peserta Asing Puji Hydroplus Indonesia Para Badminton di Solo

  • September 20, 2024
Peserta Asing Puji Hydroplus Indonesia Para Badminton di Solo

Wakil Bupati Sleman Ajak Napi Teladani Nabi Muhammad SAW

  • September 20, 2024
Wakil Bupati Sleman Ajak Napi Teladani Nabi Muhammad SAW

Kecerdasan Buatan Bisa Mendiagnosis Mpox

  • September 20, 2024
Kecerdasan Buatan Bisa Mendiagnosis Mpox

DIY Memasuki Awal Musim Penghujan di Bulan Oktober

  • September 20, 2024
DIY Memasuki Awal Musim Penghujan di Bulan Oktober

A. Koswara Dilantuk Sebagai Penjabat Wali Kota Bandung

  • September 20, 2024
A. Koswara Dilantuk Sebagai Penjabat Wali Kota Bandung

Bandung Jadi Inspirasi Kemenkopolhukam Terapkan Smart City

  • September 20, 2024
Bandung Jadi Inspirasi Kemenkopolhukam Terapkan Smart City