PWI dan Diskominfo Jateng Sukses Gelar UKW

UJI Kompetensi Wartawan (UKW) hasil kerja sama antara PWI Jawa Tengah dan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Jateng sukses terselenggara. Semua peserta yang berjumlah 26 orang untuk kategori wartawan muda, madya, dan utama dinyatakan berkompeten dalam UKW tersebut.

Pelaksanaan UKW sendiri digelar selama dua hari Rabu-Kamis (7-8/8) di Hotel Khas Semarang. Pengumuman hasil UKW PWI bersama Diskominfo yang keenam atau angkatan ke-39 dari total penyelenggaraan ini disampaikan Sekretaris PWI Jateng Setiawan Hendra Kelana.

Ketua PWI Jateng Amir Machmud NS menyampaikan rasa syukur dan bangga atas pencapaian para wartawan dari berbagai kabupaten/kota di Jateng dalam UKW kali ini.

“Selamat kepada semua peserta yang mampu melewati semua mata uji. Ini sekaligus memberikan gambaran kepada mitra kerja bahwa kita sungguh-sungguh dalam menggelar UKW,” ujarnya.’

BACA JUGA  38 Desa di Sragen Berpotensi Alami Krisis Air Bersih pada Kemarau Tahun ini

Bukan akhir

Amir menegasakan, bahwa menjadi wartawan kompeten bukanlah akhir dari serangkaian kiprah kita di dunia jurnalistik. Sebaliknya, dalam profesi jurnalistik, wartawan dituntut untuk belajar dan belajar.

Menjadi wartawan kompeten, lanjut Amir, juga membawa konsekuensi dan tanggung jawab yang lebih besar. Karena dia harus menguasai kemampuan teknis sekaligus etis sebagai sesuatu yang tak terpisahkan.

“Yang membedakan wartawan dengan mereka yang bekerja seolah-seolah sebagai wartawan adalah pada sikap dan perilaku. Kita sering mendengar keluhan dari kepala sekolah, kepala desa, perangkat desa dengan adanya oknum yang mengaku wartawan. Ini tentu mengusik kewibawaan profesi kita, dan harus kita lawan,” katanya.

Caranya melawannya, tandas Amir, adalah menunjukkan tanggung jawab profesi, melalui produk jurnalistik yang akuntabel dan melalui langkah verifikasi. Dan ini hanya bisa dilakukan dengan semangat kemampuan teknis, sekalgus etis.

BACA JUGA  Polisi dan Bea Cukai Gerebek Home Industry Narkoba di Semarang

Wartawan jangan menyerah

Sementara itu, Direktur Pers Pancasila PWI Pusat Sihono Harto Taruno mengapresiasi dan memuji kemampuan peserta UKW yang semuanya kompeten.

Hanya saja, di tengah kegembiraannya menguji UKW ini dia mengaku terusik karena ada di antara peserta yang masih menghadapi tantangan dalam kehidupan, yaitu keterbatasan logistik dan kesejahteraan. Meskipun demikian, dia mengajak idealisme wartawan jangan rontok oleh persoalan kesejahteraan.

“Tenang saja, rezeki itu ada yang mengatur. Kalau kita bersikap profesional, tentu kita bisa melewati rintangan,” ujarnya.

Sementara itu, ketika menyampaikan kesan dan pesan di acara penutupan, perwakilan wartawan muda Fadia Haris Nur Salsabila mengaku dirinya mendapatkan pengalaman yang berharga bersama rekan-rekan yang luar biasa.

BACA JUGA  Jateng Fair Menumbuhkan Perekonomian Jawa Tengah

“Seperti kata Pak Is (dosen penguji Isdiyanto), bahwa UKW tak hanya menguji kemampuan teknis dalam menulis berita, tapi juga kita mendapatkan highlight tentang nilai-nilai jurnalistik. Dan itu harus seumur hidup. Pokoknya seru, tapi menegangkan juga,” kata Fadia.

Sedangkan perwakilan wartawan Utama, Dian Chandra Teguh Budianto mengaku bersyukur bisa mendapatkan pengalaman dari UKW. Di uji kompetensi ini, dia mendapatkan ilmu tentang bagaimana seorang wartawan itu mengolah informasi dan menentukan sikap apakah layak siar atau tidak.(Htm/N-01)

Dimitry Ramadan

Related Posts

BNPB Salurkan DSP untuk Penanganan Korban Gempa di Jabar

BADAN Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyalurkan dana siap pakai (DSP) sebesar Rp300 juta, sebagai langkah  penanganan dampak gempa bumi yang mengguncang Kabupaten Bandung Jawa Barat. Gempa berkuatan magnitudo 5,0 yang…

BNPB Beri Bantuan untuk Korban Gempa Bandung

SEBAGAI bentuk kepedulian mereka pada pengungsi korban gempa bumi di Jawa Barat, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyalurkan bantuan dana dan logistik. “Kepala BNPB Suharyanto memimpin langsung penyerahan bantuan tersebut,”…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan Lewatkan

Bandung Jadi Inspirasi Kemenkopolhukam Terapkan Smart City

  • September 20, 2024
Bandung Jadi Inspirasi Kemenkopolhukam Terapkan Smart City

Polda Jawa Barat Terus Rilis Data Terkini Dampak Gempa Bumi

  • September 20, 2024
Polda Jawa Barat Terus Rilis Data Terkini Dampak Gempa Bumi

Park Bo Gum Tampil Berotot Jadi Petinju di Drama Good Boy

  • September 20, 2024
Park Bo Gum Tampil Berotot Jadi Petinju di Drama Good Boy

Pemkab Sleman Bina KWT untuk Sejahterakan Keluarga Petani

  • September 20, 2024
Pemkab Sleman Bina KWT untuk Sejahterakan Keluarga Petani

Malam Kelam Barca di Monaco

  • September 20, 2024
Malam Kelam Barca di Monaco

Asosiasi Tolak Usulan Pemerintah Hapus Dua Ayat Pasal 110 RUU Pelayaran

  • September 20, 2024
Asosiasi Tolak Usulan Pemerintah Hapus Dua Ayat Pasal 110 RUU Pelayaran