SKK Migas Dorong Peningkatan Produksi Migas di Provinsi Riau

SKK Migas dan Pemerintah Provinsi Riau sepakat untuk mendorong peningkatan produksi migas di provinsi Riau yang saat ini menyumbang 30% dari total produksi migas nasional.

Hal itu terungkap dalam pertemuan Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto  dengan Penjabat (Pj) Gubernur Provinsi Riau di Provinsi Riau pada Rabu (3/7) di Batam.

Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto mengatakan bahwa Provinsi Riau merupakan penghasil minyak mentah terbesar di Indonesia saat ini yakni 180.000 barel minyak per hari. Jumlah itu setara  30% dari lifting nasional.

Namun demikian, Kepala SKK Migas mengatakan perlunya sinergi  antara SKK Migas dan Pemprov Riau untuk meningkatkan produksi migas di Riau. Salah satunya  mengatasi berbagai isu di lapangan. “Kami juga terus berupaya agar total produksi di Provinsi Riau dapat meningkat guna mengejar target 1 juta BOPD,” kata Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto

BACA JUGA  Sawit Rakyat di Hutan Rantau Bertuah Siak Dapat SK Biru

Keberadaan industri hulu migas, lanjut Dwi Soetjipto  juga memberikan dampak positif kepada masyarakat. Hal itu tecermin melalui Dana Bagi Hasil Migas, Participating Interest 10%, dan program pengembangan masyarakat.

Kepala SKK Migas menambahkan bahwa total realisasi investasi hulu migas di Provinsi Riau selama tahun 2020 hingga 2023 mencapai Rp274 triliun. Khusus  rencana investasi di tahun 2024 tercatat  Rp 69 triliun. “Kami terus mendorong KKKS untuk menyerap tenaga kerja lokal serta memprioritaskan penyediaan barang dan jasa lokal,” tandas Dwi.

Dalam pertemuan tersebut, Dwi juga menyampaikan empat hal terkait dukungan operasional yang dibutuhkan dari Pemprov Riau. Pertama  adanya kendala infrastruktur di sekitar wilayah operasi yang memerlukan dukungan perbaikan oleh Pemprov Riau. Kedua, dukungan pemulihan situasi darurat di Wilayah Kerja (WK) CPP yang menyebabkan turunnya produksi sejak Februari 2024. Kettumpang tindih lahan di area kawasan hutan. Dan terakhir adalah  kendala pengadaan tanah skala besar.

BACA JUGA  Helikopter H225M/Caracal Bantu Patroli Karhutla Riau

Dukungan Provinsi Riau

Pj. Gubernur Provinsi Riau, SF Hariyanto, menegaskan komitmen dari Pemprov Riau guna  mendukung kelancaran operasi hulu migas di wilayahnya . Ia menyatakan langkah-langkah konkret akan segera diambil dengan melakukan koordinasi bersama pihak-pihak terkait untuk mengatasi berbagai isu yang disampaikan oleh SKK Migas.

“Hal ini penting, terlebih lagi Riau telah mengelola PI 10% melalui BUMD Riau Petroleum di WK Rokan, Siak, dan Kampar. Sehingga Pemprov berkepentingan agar operasi migas dapat berjalan dengan lancar tanpa hambatan yang berarti, sehingga target produksi dapat tercapai,” kata Hariyanto.

“Kami akan segera berkoordinasi membahas upaya-upaya penyelesaian masalah di lapangan, mengingat Provinsi Riau masih menjadi tulang punggung produksi minyak nasional,” tambah Hariyanto.

BACA JUGA  Beruang Madu Korban Jerat di Bengkalis Dilepasliarkan

Untuk itu pihak Pemerintah Provinsi juga  akan bekerja sama dengan instansi terkait, baik di tingkat Provinsi maupun Kabupaten/Kota, untuk mencari solusi terbaik yang dapat diterapkan dengan cepat dan efektif.

Kebutuhan Bersinergi

Hariyanto  berharap sinergi antara SKK Migas dan Pemprov Riau dapat terus ditingkatkan. Peningkatan produksi migas di Provinsi Riau tidak hanya penting bagi sektor energi nasional tetapi juga signifikan bagi masyarakat setempat.

“Sinergi ini akan membuka peluang bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui berbagai program dan kontribusi ekonomi yang berkelanjutan,” pungkas Hariyanto.  (RO/E-5)

nicholay richo

Related Posts

Konsumsi BBM Naik Selama Libur Panjang Akhir Pekan

PASCA libur panjang Maulid Nabi 2024, Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah (JBT) mencatat rata-rata kenaikan konsumsi BBM jenis Dexlite di Provinsi Jawa Tengah (Jateng) dan Daerah Istimewa Yogyakarta…

Wamentan Harap Teknologi Digital Bisa Perkuat Sektor Pertanian

DIGITALISASI memang tidak bisa dihindari saat ini. Karena itu Wakil Menteri Pertanian, Sudaryono mendorong para pelaku usaha untuk  menggunakan layanan teknologi di semua sektor, termasuk pertanian Ia percaya teknologi bisa…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan Lewatkan

Danlanud Roesmin Nurjadin Serahkan Rumah Layak untuk Gazali

  • September 19, 2024
Danlanud Roesmin Nurjadin Serahkan Rumah Layak untuk Gazali

KPU Riau Gelar Rakor Pengelolaan Dana Kampanye

  • September 19, 2024
KPU Riau Gelar Rakor Pengelolaan Dana Kampanye

Jokowi Perintahkan Kementerian Tuntaskan Data NPWP Bocor

  • September 19, 2024
Jokowi Perintahkan Kementerian Tuntaskan Data NPWP Bocor

Pencarian Dua Kapal Nelayan Tenggelam di Perairan Kalbar Terus Berlanjut

  • September 19, 2024
Pencarian Dua Kapal Nelayan Tenggelam di Perairan Kalbar Terus Berlanjut

Beruang Madu Korban Jerat di Bengkalis Dilepasliarkan

  • September 19, 2024
Beruang Madu Korban Jerat di Bengkalis Dilepasliarkan

BNPB Salurkan DSP untuk Penanganan Korban Gempa di Jabar

  • September 19, 2024
BNPB Salurkan DSP untuk Penanganan Korban Gempa di Jabar