PAMA dan United Tractors Berhasil Raih Penghargaan Bina Mitra UMKM Award 2024

PT Pamapersada Nusantara (PAMA) dan PT United Tractors Tbk (UT) berhasil meraih penghargaan pada ajang Bina Mitra UMKM 2024. Penghargaan ini diselenggarakan oleh CFCD Foundation dan didukung penuh oleh Kementrian Perindustrian, Kemenkop UKM RI, dan APINDO.

PAMA dan UT berhasil meraih penghargaan ini karena dinilai sebagai perusahaan yang berhasil dalam memberikan dukungan bagi para pelaku Usaha, Mikro, Kecil, dan menengah (UMKM) untuk bisa naik kelas. Penyerahan penghargaan ini diberikan secara langsung oleh perwakilan CFCD Foundation kepada CSR Manager UT, Himawan Sutanto, yang berlokasi di Auditorium Binakarna Hotel Bidakara.

“Pencapaian yang diraih PAMA dan UT ini semakin mendorong kami untuk memberikan kontribusi lebih luas kepada UMKM binaan yang ada di seluruh Indonesia. Kami percaya bahwa kemajuan UMKM yang ada di Indonesia bisa memberikan kontribusi dalam meningkatkan produktivitas ekonomi nasional,” ujar CSR Manager UT, Himawan Sutanto.

BACA JUGA  Aplikasi e-Blangkon Sukses Menaikkan Jumlah Transaksi UMKM di Jawa Tengah

Penghargaan ini terbagi menjadi tiga kategori utama, yaitu Program CSR UMKM, UMKM Binaan, dan Pendamping UMKM. Setiap kategori memiliki indikator penilaian yang berbeda dan dinilai secara objektif oleh juri-juri yang kompeten. Proses penilaian meliputi pendaftaran, pengumpulan dokumen, video presentasi program, dan diakhiri dengan malam penganugerahan.

PAMA berhasil meraih predikat Gold pada kategori program CSR pembinaan UMKM. Adapun program yang berhasil diraih pada predikat ini diantaranya, yaitu UMKM URIB JAMU yang dibina oleh PAMA Site KPCB, UMKM OKUSA yang dibina PAMA Site KPCS, UMKM Bukit Makmur yang dibina oleh PAMA Site KPCT, dan UMKM Dapur Ibu Jamu yang dibina oleh PAMA Site INDO. Selain itu, kategori Pendamping Terbaik 1 dengan predikat Gold juga berhasil diraih oleh PAMA Site KIDE dengan program peningkatan ekonomi masyarakat di Kecamatan Batu Sopang dan Kecamatan Muara Samu, Kabupaten Paser, Kalimantan Timur

BACA JUGA  Marak Penipuan Modus QRIS, Regulator Harus Gencarkan Edukasi dan Deteksi

Pada ajang ini UT mengikuti pada dua kategori, yaitu pada program CSR pembinaan UMKM yang dikenal dengan UT Business Assistance (UT-BUAS) dan UMKM Unggulan Binaan UT site Tanjung, Herborneo. Hasilnya, UT-BUAS berhasil meraih predikat Platinum untuk program CSR, dan Herborneo meraih predikat Gold untuk program pembinaan UMKM.

UT-BUAS adalah program pemberdayaan UMKM yang berkolaborasi dengan Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA). Program ini memberikan intervensi kepada UMKM Binaan UT yang tersebar di wilayah operasional perusahaan, daerah revegetasi Desa UniTy Gunung Arjuno, serta daerah terdampak bencana gempa bumi Lombok. Fokus program ini adalah memberikan pemberdayaan kepada pelaku UMKM dengan menggabungkan unique value berupa kearifan lokal, pemulihan ekonomi pasca bencana, regenerasi pelaku UMKM, serta wirausaha yang inklusif.

Sedangkan Herborneo merupakan UMKM binaan UT site Tanjung, memiliki keunggulan dalam produksi produk-produk herbal. Saat ini, Herborneo mampu memproduksi hingga 8 ton per bulan dengan omzet mencapai 35 juta Rupiah. Selain itu, Herborneo juga membina banyak kelompok tani di Kalimantan, membantu meningkatkan produktivitas dan kualitas hasil pertanian mereka.

BACA JUGA  Persiapan hampir Kelar, Pesta Rakyat Bhayangkara Siap Digelar

Pembinaan UMKM ini merupakan wujud dari pilar program United Tractors for Generating Opportunities and Wealth (UTGROWTH) yang menjadi upaya Perusahaan dalam mewujudkan keberlanjutan bagi masyarakat. Tujuan pembinaan ini untuk meningkatkan dan mengembangkan kompetensi UMKM dari aspek Sumber Daya Manusia (SDM) dan produk agar menjadi bisnis yang mandiri dan berkembang. Hal ini sejalan dengan komitmen UT untuk terus berkontribusi dalam memberikan dampak positif untuk masyarakat dengan mengimplementasikan Environmental, Sosial, Governance (ESG). Melalui ini harapannya, UT mampu memberikan dampak yang signifikan terhadap peningkatan ekonomi di Indonesia. (RO/E-5)

nicholay richo

Related Posts

Asosiasi Tolak Usulan Pemerintah Hapus Dua Ayat Pasal 110 RUU Pelayaran

DALAM rangka Rapat Kerja Komisi V DPR RI dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) pada Jumat (20/9) untuk membahas Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Perubahan Ketiga atas UU Nomor 17 Tahun 2008 tentang…

Konsumsi BBM Naik Selama Libur Panjang Akhir Pekan

PASCA libur panjang Maulid Nabi 2024, Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah (JBT) mencatat rata-rata kenaikan konsumsi BBM jenis Dexlite di Provinsi Jawa Tengah (Jateng) dan Daerah Istimewa Yogyakarta…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan Lewatkan

Polda Jawa Barat Terus Rilis Data Terkini Dampak Gempa Bumi

  • September 20, 2024
Polda Jawa Barat Terus Rilis Data Terkini Dampak Gempa Bumi

Park Bo Gum Tampil Berotot Jadi Petinju di Drama Good Boy

  • September 20, 2024
Park Bo Gum Tampil Berotot Jadi Petinju di Drama Good Boy

Pemkab Sleman Bina KWT untuk Sejahterakan Keluarga Petani

  • September 20, 2024
Pemkab Sleman Bina KWT untuk Sejahterakan Keluarga Petani

Malam Kelam Barca di Monaco

  • September 20, 2024
Malam Kelam Barca di Monaco

Asosiasi Tolak Usulan Pemerintah Hapus Dua Ayat Pasal 110 RUU Pelayaran

  • September 20, 2024
Asosiasi Tolak Usulan Pemerintah Hapus Dua Ayat Pasal 110 RUU Pelayaran

Paslon Farhan-Erwin Mulai Sosialisasikan Program

  • September 20, 2024
Paslon Farhan-Erwin Mulai Sosialisasikan Program