Tingkatkan Produksi Susu Nasional, Kementan Lirik Kambing Perah

KEMENTERIAN Pertanian terus mendorong berbagai upaya untuk meningkatkan produksi susu nasional. Salah satunya yaitu mengembangkan usaha peternakan kambing perah di masyarakat.

Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman menyatakan bahwa kambing perah merupakan ternak perah alternatif yang cocok dikembangkan dan diterima secara luas di masyarakat. Kambing perah sebagai penghasil susu yang memiliki keunggulan kandungan gizi lengkap yang mampu meningkatkan kesehatan dan kecerdasan masyarakat.

“Usaha ternak kambing perah disukai peternak karena relatif mudah dan cepat menghasilkan”, demikian disampaikan Mentan Amran saat mengunjungi Bumi Nararya Farm (BNF) di Sleman, Yogyakarta (29/06).

Bhumi Nararya Farm (BNF) merupakan salah satu peternakan kambing perah terbesar di Indonesia yang berlokasi di kaki Gunung Merapi, tepatnya di Dusun Kemirikebo, Girikerto, Turi, Sleman, Yogyakarta. BNF saat ini memiliki populasi sebanyak 706 ekor, terdiri dari 628 ekor kambing betina dan 78 ekor jantan.

BACA JUGA  Kementan Bantu 10 Unit Pompa untuk Pertanian di Bandung

“Duplikasi ini di wilayah lainnya. Ini upaya kita menekan impor susu agar kita bisa swasembada. Kami apresiasi kinerja pak Didik (red: pemilik  BNF) dan anggota yang telah mengembangkan peternakan kambing perah”, ujar Mentan Amran.

Amran mengaku gemas dengan kondisi produksi susu di Indonesia yang tidak segera mencapai swasembada. Menurut dia Indonesia harus segera mencapai swasembada susu. Impor susu yang dilakukan selama ini, ujarnya nilainya mencapai Rp37 triliun per tahun.

“Ini hanya untuk memperkaya peternak di luar negeri sana,” katanya.

Karena itu, ia berharap petani dan peternak Indonesia dapat memenuhi kebutuhan pangan lokal agar dapat menikmati manfaat yang lebih besar, khususnya pada bidang ekonomi.

BACA JUGA  Jaga Stabilitas Harga, Sleman Terima Kucuran Rp2,7 Miliar untuk Tanam Cabai

Ia mengatakan, Kementerian Pertanian RI akan memberikan dukungan kepada peternak dengan melakukan diskusi bersama.Mengutip data BPS, Amran menyebutkan populasi kambing di Indonesia saat ini sebanyak 18,5 juta ekor dengan komposisi kambing pedaging sebanyak 15,2 juta ekor dan kambing perah sebanyak 3,3 juta ekor.

Jawa Tengah dan Jawa Timur menjadi provinsi dengan populasi kambing terbesar. Keduanya menyumbang sekitar 20% dari total populasi kambing di Indonesia.Ia membenarkan pula, jika saat ini permintaan susu termasuk susu kambing di masyarakat cukup tinggi.

“Permintaan susu kambing cukup tinggi,  khususnya dari masyarakat yang tinggal di perkotaan. Hal ini karena susu kambing memiliki  banyak manfaat bagi kesehatan dan baik untuk pencegahan dan pengobatan diabetes,” kata Amran.

BACA JUGA  Mentan Siap Kawal Stok Pangan Nasional

Kambing dan domba, katanya juga memiliki peran penting dalam kuliner Indonesia.

“Kami sangat menghargai dedikasi dan kerja keras yang telah diberikan untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas produk peternakan. Kerja keras ini tidak hanya membangun keberlanjutan ekonomi, tetapi juga turut berkontribusi dalam pemenuhan kebutuhan pangan nasional,” jelas Mentan Amran.

Dalam kunjungan itu, Menteri Pertanian kemudian memerintahkan, segera menggelar rapat yang akan dipimpinnya sendiri untuk membangun peternakan kambing perah yang tersebar di berbagai daerah. (AGT/N-01)

Dimitry Ramadan

Related Posts

Ditjen Pajak Pastikan tidak Ada Kebocoran Data

DIREKTORAT Jenderal Pajak (DJP) menegaskan, berdasar penelitian yang telah dilakukan dalam kurun waktu enam tahun terakhir, data log access tidak menunjukkan adanya indikasi yang  mengarah pada kebocoran data langsung dari…

ISEI Rekomendasi Solo Fokus pada Hilirisasi Pangan

IKATAN Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) merekomendasi Pemkot Solo agar fokus memperkuat hilirisasi sektor pangan. Hal itu guna mempercepat transformasi ekonomi Indonesia yang berkelanjutan dan ramah lingkungan. Penegasan itu disampaikan Perry…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan Lewatkan

Kapolri Apresiasi Upaya TNI-Polri Bebaskan Pilot Susi Air

  • September 21, 2024
Kapolri Apresiasi Upaya TNI-Polri Bebaskan Pilot Susi Air

PB IDI Imbau Masyarakat Selalu Waspada Potensi Bencana

  • September 21, 2024
PB IDI Imbau Masyarakat Selalu Waspada Potensi Bencana

KPU Pekanbaru Tetapkan DPT Pilkada 2024

  • September 21, 2024
KPU Pekanbaru Tetapkan DPT Pilkada 2024

Gagal Tembus 10 Besar di PON, Ketum KONI Riau Minta Maaf

  • September 21, 2024
Gagal Tembus 10 Besar di PON, Ketum KONI Riau Minta Maaf

713 Titik Panas Karhutla Kembali Terpantau di Sumatra

  • September 21, 2024
713 Titik Panas Karhutla Kembali Terpantau di Sumatra

All Indonesian Final Terjadi di Ganda Campuran

  • September 21, 2024
All Indonesian Final Terjadi di Ganda Campuran